Saturday 6 December 2014

[TIPS] Cara Menurunkan Berat Badan

Hi Lovely!. Hari ini aku mau menceritakan pengalaman ku menurunkan berat badan. Sekitar 2 tahun lalu aku mengalami kenaikan berat badan yang drastis dari 48kg hingga 60kg, awalnya aku bener-bener enggak peduli sama berat badan ku, tapi setahun berlalu akhirnya aku merasa berat setiap melakukan aktivitas dan aku cukup tersiksa karena baju dan celana semua enggak muat karena size nya M (27-28), dan aku pakai XL sekitar ukuran 31-32. Akhirnya aku mencoba diet obat-obatan enggak mempan sama sekali malah bikin maag aku jadi makin parah, sudah coba alat-alat yang sauna-sauna dan getar-getar juga enggak mempan. Tapi akhirnya aku bisa mengembalikan berat badan ideal ku 48kg di akhir tahun 2014 ini. Jadi aku mau kasih tips pengalaman pribadi aku menurunkan berat badan tanpa nge-Gym yang berat-berat dan tanpa obat-obatan.



1. Good Bye Fast Food and Soda
Fast food seperti ayam-ayam dan kentang-kentangan mengandung kadar garam yang sangat berlebihan, dan Soda mengandung kadar gula yang juga sangat berlebihan. Karena mengandung bahan berlebihan maka dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh. Ingat jangan konsumsi garam dan gula yang berlebihan.

2. Tea I am In Love!
Setiap pagi aku tidak pernah melewatkan minum Teh dengan satu sendok gula/tropicana slim (boleh kopi) dan ditambah roti dengan buah-buahan karena dengan teh bisa memberi energi lebih untuk aktivitas hingga siang.

3. Berhentilah Sebelum Kenyang
Porsi nasi ku cuma setengah tiap harinya (Satu sendok nasi), jadi sisanya aku makan buah-buahan seperti Apel, Pear, Kiwi, Mangga, Pepaya atau Pisang (boleh buah-buahan yang lain).

4. Minum Air Mineral Minimal 2-3 Liter/Hari
Ketika kamu dehidrasi pasti metabolisme kamu jadi melambat dan membuat lemak terus menimbun dalam tubuh, dan ditambah kamu selalu ngerasa lapar. Nah solusi ku disaat kamu lapar sebelum makan siang atau malam baiknya minum air putih dan akan mengurangi rasa lapar.

5. Begadang Jangan Begadang!
Orang selalu bilang begadang bikin kurus badan, itu salah besar buat aku pribadi malah bikin gemuk. Kenapa? Soalnya kalau begadang pasti aku maunya ngemil mulu.

6. I love & Hate Gym!
Kenapa enggak suka? karena tempat Gym deket rumah kebanyakan cowok alias bapak bapak hercules dan aku takut banget haha, jadi aku olahraga tapi ga suka nge-gym deh. Tapi ada alternatif nih, selama di rumah aku selalu menyempatkan diri untuk melakukan Squat 30-50kali seminggu 3kali tiap mau mandi atau mau tidur. Atau kalau kamu punya banyak waktu di weekend bisa renang selama dua jam.

7. Happy Saturday or Sunday Meal
Aku suka kasih hadiah buat diri ku setiap sabtu atau minggu, yaitu: Makan Berat. Ini hari dimana aku makan diluar seperti pizza, lasagna atau yang berat lainnya. Tapi ingat jangan overdosis hehe.

8. Diet Mayo?
Terakhir ini adalah diet yang menurutku lumayan ampuh banget di badan ku. Diet ini lagi hits banget di Indonesia hingga ada katering diet mayo, kalau aku masih coba-coba masak di rumah dan awalnya kurang sanggup untuk menghadapi hidup tanpa garam selama 13hari. Pertama kali coba cuma sanggup dua hari karena besoknya sakit ketularan batuk dari mama, bulan depan coba lagi dan sanggup 6 hari, dan lumayan turun dari 51kg hingga 48kg. Setelah gagal untuk kedua kalinya aku mau coba lagi someday hingga bener-bener 13hari. Katanya kalau enggak taat aturan bisa mengakibatkan efek yoyo tapi aku belum mengalaminya sih, solusiku yaitu balik ke nomor 1 sampai 6. Untuk info lebih jelasnya diet mayo itu apa klik link --> Diet Mayo

9. Follow Akun Instagram!
Aku selalu follow akun-akun instagram yang suka share hidup sehat, jadi kalau liat update terbaru mereka aku selalu termotivasi.


Sebenarnya banyak cara untuk menurunkan berat badan, tapi cara ini yang menurutku mengajarkan aku untuk hidup sehat. Kalau kamu teratur pasti kamu akan terbiasa dengan point-point di atas. Dan ingat SABAR itu kunci utama, karena yang aku jalani ini enggak instan. Sekitar setahun baru bisa kembali dengan berat badan ideal.


Yay! Ini tips ku untuk menurunkan berat badan semoga bermanfaat.
Mau coba belajar Hidup Sehat? Ayo budayakan hidup sehat dalam sehari-hari
Ayo beri komentar dan follow aku di IGC atau Google+, nanti aku follow balik ;)



Terimakasih sudah membaca
Love, Rimma.

13 comments:

  1. Nice tips dear. :) I love healthy life aswell. (^^) good good. lanjutkan !!! hihihi
    I love gym so much. Tapi paling almost aku juga yang ringan2 aja kyk squat gtu. jrg kalau yang angkat2 bebabn brt. paling untuk pembentukan dada and ngilangin lemak di bagian lengan.


    http://sakuralisha.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey Love Healthy Life!
      Huhuhu disini aku agak susah cari tempat Gym wanita gitu, sempet ke tempat sport center harus member dan bayar 3juta. Terus nemu yang deket banyak banget bapak-bapak berbadan kekar jd takut.
      Squat udah paling minimal dan olahraga termudah hhihi :3

      Terimakasih sudah mampir Siti :3
      xoxo

      Delete
  2. aku jg lg diet tp ga makan nasi, junk food mie instan soda dalam sebulan turun 7-10 kg tp kadang2 yoyo gtu naik turun dan badan terutama kaki ku paha betis dan daerah blkg ga ada perubahan dr bentuk. why i dont now, olahraga rutin lari. itu kaki mu jd kecil jg yaaa awsome...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! hhihi aku kmrn pas diet mayo ga makan nasi juga tapi ga sanggup kalau rasa makanan hambar hiks hiks. Aku jarang lari mungkin jalan kaki di mall juga termasuk olahraga :p
      Aku juga pernah kok bagian bawah enggak ada perubahan terus nyoba squat udah 3bulan walau enggak tiap hari sih tapi alhamdullilah mengecil pdhl celana itu 6bulan lalu beli dan salah beli ukuran tapi skrg malah muat huehhee

      Semangat ya say dietnyaaa! :3

      Delete
  3. Hallo dear, salam kenal, bags tipnya. Walaupun diet tubuh kita juga butuh kalori dan asupan vitamin lainnya, jadi yang mau kurus sebenarnya jangan takut makan, tapi pilihlah makanan yg sehat. Oh ya dear kamu bisa search rawvegan or raw food diet or rawtill4, menurutku option bagus juga buat orang yg mau healthy lifestyle and nurunin berat badan tanpa kelaparan :D
    http://d4zzlingme.blogspot.tw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello dear~ iya aku mau coba raw vegan tapi belum sempat-sempat hehe.

      Thank you sudah mampir~

      Delete
  4. aaaakk tengkyu banget tipsnya >.< aku juga dulu 50kg, sekarang nggak terasa udah 60kg aja sejak punya pacar yang demen kulineran :') sedih juga sih soalnya baju dan celana yang masih bagus-bagus jadi nggak muat. mau beli baju baru juga susah, soalnya baju yang lucu-lucu gitu kan kebanyakan all size dan di aku nggak muat :') cuma kayaknya yg berat diet mayo nya nih. smoga bisa kurus lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dear~ ayo semangat semangat kurus lagi hhihi.
      Diet mayo sih ada kateringnya sih walau agak mahal cuma rasanya enak lho~

      Delete
  5. mantap cc , nnti cba gw terapin , tapi kayanya ga mungkin bsa yang diet tanpa garam itu :)


    Blogwalking : http://www.secret-team.com/

    ReplyDelete
  6. may I know what kind of tea did you drink? just a regular tea or green tea? been trying hard to lose some weights too. I lost some. But I gained it back during the recent Eid. LOL. >___<

    babysoulz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello~ i just drink regular tea :3 hhihi. Huaa iya itu Eid membuat badan melebar bikin khilaf makan banyak.

      Terimakasih sudah mampir hhihi

      Delete
  7. Heyyy!! Congratulation for your achievement!!! I must say that you've done some hardworks!!!
    Maybe I just want to add some tips maybe you've known too, that it's good to chew your food VERY VERY slowly and always remember to do that everytime you eat. Besides drinking much water, protein is also really good to help our body to burn calories... Maybe you can even find articles that tell us to consume some protein for dinner so it helps body to burn fat better while we sleep XD

    Good luck with your heathy lifestyle!

    Anyway I'm sorry for just visiting back now. I've been busy for a while, but thank you so much and maybe you want to do a follow-for-follow? I hope we can keep in touch <3

    Sherry from ♕ SheemaSherry ♕ blog (www.theshimmeringsheema.blogspot.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellooo~
      Yessss, i did very very slowly chew my meal hhihi aku lupa taro di tips karena makan pelan udah jadi kebiasaan hhihi. Iya bener protein bagus membakar kalori, aku akhir akhir jadwal makanya hampir sama kayak diet mayo jadi tiap dinner ada protein hhihi. thank you for sharing your tips :3


      Yes, i will follow u and comment on urblog ;)

      Thank you for coming~

      Delete

thank you for your sweet comment, i'll comment back you on your blog. :)
xoxo